Kumpulan Aplikasi Android Untuk Belajar Bahasa Inggris

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, setelah sebelumnya saya sudah share tentang 5 Tips Dalam Belajar Bahasa Inggris, pada kesempatan kali ini saya akan share kumpulan aplikasi android yang bisa membantu kita semua untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kita. Ya, berkat perkembangan teknologi, kini semakin banyak cara untuk belajar bahasa Inggris, hal ini tentunya sangat membantu terutama untuk memberi variasi dalam proses belajar bahasa Inggris sehingga kita tidak cepat bosan dalam belajar. Aplikasi-aplikasi yang saya share disini adalah aplikasi gratis yang dapat langsung diunduh melalui google play store, berikut ini daftar aplikasinya :

1. Duolingo



Untuk menjalankan aplikasi ini kita membutuhkan koneksi internet, langkah pertama adalah membuat akun Duolingo, kemudian kita memilih bahasa apa yang ingin kita pelajari. Untuk saat ini Duolingo sudah support 9 bahasa yaitu Spanyol, Perancis, Jerman, Portugis, Italia, Belanda, Irlandia, Denmark dan Inggris. Dalam game ini, kita akan diberi 3 hati sebagai nyawa dalam permainan, selanjutnya kita harus menjawab beberapa jenis pertanyaan, antara lain memilih gambar, listening, speaking dan lainnya, setiap kita salah menjawab kita akan kehilangan satu hati dan seterusnya. Ada beberapa tingkatan dalam game ini mulai dari tingkat dasar sampai topik-topik lainnya dengan tingkat kesulitan yang terus meningkat disetiap levelnya. 

2. Umano : Listen to News Articles



Sesuai dengan namanya, dalam aplikasi ini kita bisa mendengarkan artikel-artikel berbahasa Inggris dari beberapa situs berita terkenal, dan kabar baiknya adalah artikel-artikel tersebut dibacakan langsung oleh native speakers bukan aplikasi text-to-speech sehingga kita bisa mendengarkan langsung pronunciation dan cara baca yang the way native speakers do. Selain itu ada juga read-along mode dimana kita bisa membaca artikel yang sedang dibacakan oleh narator sehingga sangat cocok untuk belajar bahasa Inggris.

3. TuneIn Radio



TuneIn Radio adalah aplikasi streaming radio menggunakan koneksi internet. Mengapa TuneIn? Ya karena dalam aplikasi ini ada banyak sekali stasiun radio yang menyediakan podcast dengan topik belajar bahasa Inggris. Beberapa stasiun yang saya follow antara lain 6 Minute English dan The English We Speak dari BBC yang diupdate setiap minggunya serta masih banyak yang lainnya termasuk stasiun radio berita yang dibawakan dalam bahasa Inggris sehingga sangat membantu meningkatkan kepekaan kita dalam memahami bahasa Inggris.

4. Kamus Inggris



Kamus, ya tentu saja membawa kamus kemana-mana mungkin akan merepotkan, apalagi kalau yang kita bawa adalah kamus oxford yang tebalnya ribuan halaman. Tapi kini sudah sangat banyak aplikasi kamus yang bisa kita install di smartphone kita, salah satu nya adalah Kamus Inggris, dalam aplikasi ini kita bisa mencari arti kata baik dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Aplikasi ini juga cukup sering diupdate sehingga terus bertambah database kosa kata nya.

5. English Idioms Dictionary



Apa itu idiom? berikut ini penjelasan tentang Idiom dari Wikipedia

 "An idiom is a combination of words that have a figurative meaning owing to its common usage. An idiom's figurative meaning is separate from the literal meaning." 

Singkatnya, idiom adalah gabungan kata-kata yang punya makna berbeda (kiasan) dari makna sebenarnya (harfiah) dari kata-kata tersebut. Contohnya adalah ketika native speaker mengatakan "Budi is pulling my leg" bukan berarti "Budi menarik kaki saya" akan tetapi itu adalah idiom yang artinya "budi menipu saya". Dalam aplikasi ini ada sekitar 8000 idioms dari A sampai Z yang tentu akan sangat membantu kita jika ada idiom yang belum kita ketahui artinya. 

Demikianlah kumpulan aplikasi android yang bisa membantu kita dalam belajar bahasa Inggris, mungkin masih banyak aplikasi lainnya yang belum saya ketahui, jika ada maka saya akan sangat senang jika teman-teman mau berbagi di kolom komentar sehingga artikel ini bisa saya update dengan lebih banyak aplikasi yang bermanfaat, sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber 1 Sumber 2



Previous
Next Post »
Thanks for your comment