Cara Menampilkan Lirik Lagu di Pemutar Musik Xiaomi Redmi

Aplikasi pemutar musik di Xiaomi Redmi dilengkapi dengan berbagai macam fitur, salah satunya adalah fitur untuk menampikan lirik lagu. Fitur ini disediakan oleh Baidu Music, ketika kita memutar suatu lagu maka aplikasi ini secara otomatis akan mencari lirik dari lagu yang sedang kita putar secara online. Saya kira fitur ini sangat disukai oleh pengguna smartphone Xiaomi, terbukti dengan banyaknya yang "kesasar" di blog ini karena mencari cara agar bisa menampilkan lirik lagu di pemutar musik Xiaomi :)

Memang pada saat pertama kali saya mencoba fitur ini di Xiaomi Redmi 1 saya, selalu saja muncul tulisan "Couldn't find lyrics" pada semua lagu yang saya putar. Tentu saja ini mengecewakan mengingat fitur ini jarang ditawarkan oleh pemutar musik lain (setahu saya baru TTPod yang menawarkan fitur ini, namun kita harus menginstalnya terlebih dahulu dari Play Store). Pada saat itu Xiaomi Redmi 1 saya menggunakan ROM Singapore.

Kemudian tibalah saat dimana saya mengganti ROM di Redmi 1 saya dari ROM Singapore ke ROM China, ini saya lakukan setelah memperhatikan kalau ROM China selalu didahulukan jika ada update ROM terbaru sehingga saya bisa mendapat update lebih cepat.

Dan ternyata, inilah solusi untuk menampilkan lirik lagu di pemutar musik Xiaomi. Setelah saya menginstal ROM China tersebut, fitur ini bekerja dengan sangat baik. Data base liriknya pun cukup lengkap, terutama untuk lagu-lagu dari band dan penyanyi internasional. Namun untuk lagu-lagu dari band dan penyanyi Indonesia masih sangat sedikit.

Lirik lagu di pemutar musik Xiaomi
Untuk tutorial cara menginstal ROM China di smartphone Xiaomi anda silahkan klik tautan berikut (ditulis dalam bahasa Inggris). Namun saya juga akan menulisnya disini.
Sebelum menginstal ROM ini, saya ingin memberitahu bahwa dalam ROM ini hanya tersedia bahasa Inggris dan Chinese

Cara menginstal ROM di Xiaomi Redmi 1/1s :

Catatan : Untuk menginstal ROM dengan versi yang lebih baru, anda tidak perlu menghapus data-data (wipe data) di Redmi anda, tetapi untuk versi dibawahnya anda harus melakukan wipe data.

Langkah pertama

Download ROM MIUI terbaru dari tautan ini (sesuaikan dengan tipe smartphone anda)

Langkah kedua

Sambungkan ponsel anda ke komputer/laptop, kemudian copy file ROM yang sudah didownload ke folder downloaded_rom (letaknya di SD card > downloaded_rom)


Langkah ketiga

Buka aplikasi Updater, tekan tombol menu dan pilih Select update package kemudian pilih ROM yang sudah anda copy tadi (di folder downloaded_rom) kemudian pilih Update now, tunggu sampai proses update selesai, akan muncul pilihan Reboot later dan Reboot now, pilih Reboot now.



Semoga cara diatas cukup jelas dan dapat memberi solusi Cara Menampilkan Lirik Lagu di Pemutar Musik Xiaomi Redmi. Jika ada pertanyaan mengenai topik diatas silahkan bertanya di komentar dan akan saya jawab dengan senang hati :)

Update :

Jika cara diatas tidak berhasil, anda bisa mencoba cara yang ada di link ini (cara ini sudah saya test dan berhasil)

Update 2 :

Untuk menampilkan lirik saat memutar musik tanpa mengganti ROM, saya merekomendasikan untuk mendownload aplikasi Musixmatch di Play Store, aplikasi ini secara otomatis mencari dan menampilkan lirik lagu yang sedang diputar. Dari pengalaman saya menggunakan aplikasi ini, data base lagunya sangat banyak, bahkan ada lagu-lagu Indonesia (contohnya Sheila On 7, untuk band lainnya silahkan dicoba :D).



Previous
Next Post »
Thanks for your comment