MEMBUAT PENGUAT SIGNAL HP



Setelah google sana - sini ,
akhirnya ketemu juga .

MEMBUAT PENGUAT SINYAL HP

BAHAN YANG DIPERLUKAN
1. Silet (merk apa aja)
2. Magnet (bekas mainan, speaker etc)
3. Alumunium foil (di toko bangunan ada, 1 biji bisa utk org sekampung)




PROSES PEMBUATAN DAN PEMASANGAN

1. Membuat silet jadi magnet
Gosok magnet kearah tanda panah, atau tempelkan silet dengan magnet terus diketuk-ketuk



2. Silet sudah jadi magnet



3. Tempelkan silet ke allumunium foil

 Lipat alumunium foil seperti kertas disebelahnya, seperti gambar dibawah ini 

 

Jadinya seperti dibawah ini, silet terbungkus dalam alumunium foil




Setelah selesai dirapikan dengan gunting


 4. Penguat signal sudah selesai


Spoiler for Penguat signal sdh beres:

5. Memasang penguat signal
Letakkan penguat signal di belakang casing atau menempel baterai.






HASIL UJI COBA

1. Sebelum dipasang
Sebelum dipasang penguat signal, signal 3G tidak stabil, turun naik kaya yoyo









2. Setelah dipasang.
Signal 3G stabil, ga plin plan koalisi pindah sana pindah sini kaya parpol… http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/005.gif

HASILNYA DI BB




DI COBA DIPASANG DI ANDROID (pake kartu always off, 3G nya oke)



 


DI COBA DI HAPE NOKIAH (3G nya juga stabil)

Bila tidak ada alumunium foil, boleh diganti dengan kertas perak/timah
Silet bisa diganti dengan guntingan kaleng (bukan kaleng minuman ringan ya.., saya coba kurang bagus hasilnya)

Pertimbangan mempergunakan silet dan alumunium foil karena tipis dan sebagai penguat induksi yg bagus juga,
makanya lebih lebar lebih baik serta casing tutup baterai juga tetap rapat,
sehingga bisa dibawa tanpa merubah penampilan gadget (ketimbang bikin lilitan kawat tembaga)

Yang mau copas atau edit juga dipersilakan dengan bebas, masalah teori lebih baik tanya yang lebih pakar, saya cuma praktisi biasa.

*) PERLU DIPERHATIKAN
Quote:
1. Jangan memasang di antara body dalam dan baterai, karena alumunium foil bisa kena komponen logam yg ditakutkan terjadi cinlok alias hubungan arus pendek.

2. Lolos dari pemeriksaan bandara lokal, kalau bandara luar negri saran saya sebaiknya dilepas saja dulu (silet termasuk benda yg sangat dilarang dibawa kedalam cabin, nanti ente dikira anggota ISIS)

3. Hasil yang didapat bisa berbeda, tergantung gadget (pinjam apa punya sendiri), lokasi (dialam nyata atau alam ghaib), beres tidaknya provider (quota masih ada atau tidak) serta peruntungan anda.


UPDATE #1
Berhubung banyak pertanyaan yang berulang maka saya kumpulin aja jadi satu,
Bisa dimaklumi kalau baca tiap halaman pada ga betah
FAQ :

Quote:Q : Alumunium foil susah dapatnya gan
A : Pakai sticker tambal panci (500 perak), untuk kertas rokok saya sdh coba hasilnya kurang bagus,
Alumunium foil yg bungkus makanan, belum saya coba (ga nemu bahannya), yang penting bahannya tipis, sehingga bisa diselipkan dan casing bisa menutup sempurna.

Q : Hape kita menjadi panas ga gan?
A : Tidak, kalau ada panas itu karena pemakaian, justru bila signal tidak stabil hape jadi panas dan baterai boros

Q : Untuk modem bisa gan ?
A : Saya berusaha seobyektif mungkin, untuk modem colok, cara ini saya coba dan saya sendiri kurang puas hasilnya, saya lebih prefer memakai parabola tv (30 rb)

Khusus untuk antena modem yg imut, portable dan ga malu2in kalau dibawa, sabar ya, karena masih tahap eksperimen,
supaya bisa memenuhi syarat fungsi, murah dan tentu saja mudah dibuat

Q : Ya ribet gan kalau parabola tv dibawa-bawa
A : Kalau yg dimaksud untuk dicolok langsung ke laptop, saya masih taraf uji coba, masih mencari antenna simple yang termudah dan termurah,
kalau murah tapi terlalu teknis pembuatannya juga saya yakin pada ngibrit semua

Q : Aman ga? kan magnet ga baik dekat Hape
A : Aman kok, sudah 6 bulan lebih saya pakai di 3 gadget saya (BB, Andro sama HP) dan juga dipakai banyak orang, belum ada keluhan apa2,
paling banyak keluhan ga ada pulsa atau quota habis
Daya magnet yang di silet kecil banget, setau saya magnet sangat berpengaruh ke LCD dan ini posisi peletakan silet dibelakang hape
Bagi yang memakai sarung hape pake penutup kancing magnet tentu naif bila menanyakan ini.
Atau perhatikan kebiasaan menaruh Hape (diatas TV, di atas speaker, deket banget sama laptop)

Q : Ipin, Ipong, Ipun baterainya didalam gan, susah bukanya, gimana masangnya ?
A : Pakai capdase, letakkan penguat signal antara Hape dan capdase

Q : Tapi ini beneran berfungsi gan?
A : Ya berfungsilah, saya agak sering ke berbagai tempat, namun perlu diingat,
banyak faktor lain yang mempengaruhi, ini sifatnya open source dan non profit,
jadi saya ga melebih-lebihkan hasilnya, apa adanya aja, bukan ada apa2 nya

Q : Ente kreatif gan
A : Mungkin, tapi saya hanya tukang contek, dari berbagai sumber saya modifikasi dan sederhanakan, sehingga bisa berfungsi tanpa merusak penampilan gadget, apalagi merusak gadgetnya.

Q : Tks gan, saya coba
A : Sama2, namun lebih baik lagi bila ente memodifikasi dan mengembangkannya nya sehingga bisa lebih oke.

UPDATE #2
Quote:Jalan2 cuci mata ga sengaja ketemu ini, ide pakde Carlos ini mirip dengan yg saya buat.
Yang ga kuat buffer, ni saya kasih 3 skrinsut nya

Bahan yang dipakai



Ditempel ke baterai





Ditempel ke casing belakang (tutup baterai)






UPDATE #3
LEGAL ATAU TIDAK ?

Quote:Ini kebiasan banyak orang termasuk kaskuser kalau dapat info ga mau baca teliti atau di cari referensi lain,
gampang terpengaruh.
Yang dilarang itu REPEATER PENGUAT SIGNAL, coba jangan males googling, beda dengan antena penangkap signal,
repeater tdk dilarang sama sekali, bisa mengajukan ijin, ente main ke gedung mpr ada tuh repeater (cmn skaligus buat nyadap kali ya http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/005.gif)

UPDATE #4

Tentang Signal 3G dan FR dari beberapa rekan

Quote:Banyak pertanyaan begini :
Kalau 3G blank sama sekali bisa dapat signal 3G ga ?
Ini relative, kalau ga tercover sama 3G ya pake apa juga tetep ga dapet, kalau tercover, kemungkinan 1-2 bar bisa didapat, dan sekali lagi perlu diingat banyak faktor lain yg turut mempengaruhi, berlaku juga untuk signal edge.
Ini saya amati dari neng Asha, dulu mampu dapat 3.5G, sekarang move on ntah kemana, sdh lama cmn bisa 3G aja.

Bisa dipakai di gadget apa aja gan ?
Ini cuma sistim induksi, jadi bisa utk semua signal GSM/CDMA etc, disemua smartphone maupun phone yg tdk smart.
Kaya filsafat rok mini, dengan biaya minimum memberikan informasi yg maksimum http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/005.gif

Kenapa dari produsen gadgetnya aja ga bikin, kan murah ?
Produsen gadget tentu sangat mampu bikin ginian yg lebih canggih, ditunjang dengan dana, riset dan sdm yg te o peh, begitu jadi… ehh dibajak http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/8.gif(karena kan gampang bikinnya),
perhitungan management berbeda dengan pikiran kita2, selain itu mereka ada standarisasi kira2 cukuplah nangkap signal segini aja kemampuannya, kira2 gitu jawabannya kenapa produsen gadget ogah ngurus ginian (ingat jwban cuma kira2 ya http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/14.gif)

Skrinsut yg saya buat di atas bukan rekayasa, kebetulan milik saya sendiri yg 33 nya aktif saya gunakan, karena banyak yg nanya fungsi serta resikonya

Bukan bermaksud pamer gadget ya gan/sist ,


Spoiler for Gadget uji coba:


1. Jeng Lennny S880, beli seken, hasil nego mati2an ngerayu mbak bank dana*** yg jual di kaskus, cod plus pelet nasgor sepulang kerja
2. Om Onyx 2, ini dulu saya beli seken dari teteh hijaber cakep di lapak sebelah, yg sekarang juga pake penguat yg saya bikinkan
3. Neng Asha, ini juga seken dari agan kaskuser, malah saya juga ditraktir ngopi


Penguat signal ini sudah saya pakai 6 bulan lebih di ke 3 gadget tsb, dari sejarah gadget tersebut (saya ga ngarang), saya juga ga mau pertaruhkan ke 3 gadget saya, yg saya cuma mampu beli sekennya.

Tapi keputusan mutlak tetap ditangan agan n sist semua, kalau merasa ga aman, jgn pake, masa gara2 seribu perak dag dig dug ga tenang gadget mahal takut rusak

Kelupaan
Magnetnya tahan berapa lama ?
Pernah saya bongkar pas 4 bln lebih, magnetnya masih ada.

Boleh ganti pake ini/itu ga gan, susah cari materialnya ?
Dicoba saja, cari hasil yg terbaik, saya ga sempat uji coba satu2 tiap material.

Dan juga maaf kalau ada pertanyaan ga kejawab karena kelewatan, maklum little princess juga butuh perhatian,
lengah tadi ngaskus eh asik guntingin alumunium foil hYg masih kurang jelas bisa PM, atau nanya ke rekan kaskuser yg berhasil (sdh ada 27 lebih yg ngasih FR)
sekalian nambah silaturahmi

Sekali lagi tks banget buat momod ‘n mimin bikin trit ini jadi HT, semoga banyak yg lain juga mau berkarya dan berbagi

UPDATE #4A
Quote:Maaf kalau tutorial yg saya bikin ternyata masih belum jelas, antusiasnya bener2 diluar dugaan, tks yg nimpukin cendol serta kasih saran dan masukkan.
Masih ada juga yg bingung dengan bahan dan material, saya coba rangkum sebisanya :
Seperti saya bilang ini sifatnya opensource jadi brada n sista boleh dengan bebas mengembangkannya,
baik itu dari sisi material, dimensinya maupun penempatannya, silakan berkreativitas untuk mencapai hasil yg optimal.

Alternatif material :
1. Allufoil model lak ban bisa diganti dengan bahan sejenis : kertas rokok (kata agan kaskuser, dibakar dulu buat ngilangin kertasnya), allufoil bungkus makanan, sticker tambal panci, tetangga saya bilang pake grenjeng (?)

2. Magnet bisa dari speaker, bekas dynamo mainan, tempelan hiasan kulkas, etc

3. Silet bisa diganti dengan logam lembaran yg tipis, info sohib dari makasar pake lembaran/lempengan tembaga kalau ada, katanya hasilnya maknyos.
4. Bagi yg allufoilnya bukan lakban, bisa diberi selotip tipis agar permanen (biar siletnya yg didalam tdk bergeser)

5. Pertimbangkan ketebalan material yg ente gunakan, biar casing backdoornya tetap menutup rapat.

Proses pembuatan :
Gosok magnet dengan kuat ke silet, mau searah, bolak-balik saya coba hasilnya sama, karena cukup sekedar ada daya magnetnya dikit aja, sama sekali ga perlu membikin silet biar jadi magnet yg kuat sampai bisa narik tek…lengket, punya saya goyang dikiiit aja bautnya jatuh.


Proses pembuatan 5-10 menit sudah jadi kok.
Tumpulkan dulu silet untuk safety-nya (saran agan kaskuser)

Sket posisi material :




SUMBER :

KLIK DI SINI 




Previous
Next Post »
Thanks for your comment