5 Tips Dalam Belajar Bahasa Inggris

Sumber


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Apa kabar teman-teman semua? Semoga bulan Ramadhan ini dapat menjadi ladang amal untuk kita semua dan mudah-mudahan kita selalu dilindungi oleh Allah SWT, amin. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips-tips dalam belajar bahasa Inggris. Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dimiliki, baik untuk kepentingan akademik, pekerjaan dll. Apalagi pada tahun 2015 kita akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN dimana kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang penting untuk dimiliki untuk dapat bersaing didalamnya. 

Tips-tips yang saya tuliskan disini berdasarkan pengalaman saya belajar bahasa Inggris dalam beberapa bulan terakhir, berikut 5 tipsnya :

1. Niat


Ya, niat. Segala sesuatu harus lah dimulai dengan niat yang baik. Begitu pula dalam belajar bahasa Inggris, dengan niat yang kuat akan muncul kemauan yang kuat untuk belajar.

2. Belajar dari sumber yang benar


Hal ini sangat penting sehingga saya letakkan setelah niat, mengapa sangat penting? Karena jika kita belajar dari sumber yang salah, maka bukan hanya akan menguras waktu tetapi juga tenaga, materi dan pikiran kita terkuras. Bagaimana tidak, setelah mengetahui bahwa apa yang kita pelajari selama ini ternyata salah, maka tentu kita harus memperbaikinya dengan mengulang dari awal, memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah kita pelajari, dan lebih parahnya lagi jika kesalahan-kesalahan tersebut sudah menjadi kebiasaan, seperti tentu tidak mudah untuk merubahnya. Contohnya saat kita sudah terbiasa mengucapkan kata ‘thanks’ dengan salah, akan sulit untuk merubah cara pengucapan kita dan butuh pembiasaan untuk tidak kembali ke kebiasaan lama kita yang salah. 


Maka sangat penting untuk diperhatikan sumber yang kita pakai untuk belajar. Saat ini sudah sangat banyak media pembelajaran yang bisa kita jadikan sumber belajar. Dari internet misalnya, silahkan kunjungi situs-situs pembelajaran bahasa inggris yang menyediakan materi-materi (textbooks, graded readers dll) gratis, atau kita bisa mengunjungi channel-channel yang menyediakan berbagai video materi belajar bahasa Inggris di YouTube. Untuk saat-saat pertama sebaiknya kita belajar dari materi-materi yang mudah, setelah kita merasa ringan dengan materi-materi tersebut, barulah kita naik ke level yang lebih sulit dan begitu seterusnya. Mudah-mudahan pada kesempatan berikutnya saya bisa berbagi kepada teman-teman semua berbagai situs dan channel untuk belajar bahasa Inggris.

3. Jangan terlalu banyak belajar grammar


Ini juga penting, banyak dari kita yang putus belajar bahasa Inggris ditengah jalan karena tidak kuat dengan banyak nya rumus-rumus grammar yang harus dihapalkan. STOP! Berhenti menghapalkan rumus-rumus tersebut! Yang ada hanya akan membuat kepala kita pusing dan akhirnya malas untuk belajar bahasa Inggris. Belajar grammar memang penting terutama untuk kebutuhan menulis, namun belajar bahasa Inggris tidak harus dimulai dari situ. Kembali lagi, belajar lah dengan materi-materi yang ringan dan menarik sehingga menggugah semangat kita untuk belajar, dengan reading misalnya, akan otomatis membentuk pemahaman kita tentang pola-pola kalimat yang benar dan cara ini jauh lebih menyenangkan dan lebih efektif dibandingkan menghafalkan rumus-rumus grammar yang seakan tidak ada habisnya.

4. Jangan memaksakan diri!


Sejujurnya, banyak dari kita (pemuda masa kini wkwkwkwk) yang menginginkan sesuatu untuk diraih secara instan, effortlessly, tanpa kerja keras dan pengorbanan tapi dengan hasil yang maksimal. Ingin menguasai bahasa Inggris dalam  2 minggu? Ingin berat badan anda turun 10 kg dalam waktu 5 hari? Ingin tinggi badan anda bertambah 15 cm dalam waktu 10 hari? (dengan gaya bicara ala sales produk olah raga di TV) BANGUN BUNG! kita tidak sedang di film kartun doraemon yang jika ingin sesuatu langsung bisa diwujudkan dengan kantong ajaib, kita berada di dunia dimana untuk meraih sesuatu harus dengan kerja keras dan kesabaran. Bahasa adalah skill bukan pengetahuan, skill harus dilatih terus-menerus bagaikan mata pisau yang harus terus diasah hingga menjadi semakin tajam. Dalam belajar bahasa, posisikan diri kita sebagai bayi yang baru ingin belajar dengan mendengarkan orang-orang berbicara kemudian mengikutinya kata perkata, kemudian kata itu diulangi terus menerus dan pada saatnya kita gunakan saat berbicara sehingga menyatu dalam diri kita. Intinya, kita harus konsisten dan sabar dalam belajar bahasa, itu. <<< udah kayak Mario Teguh, salam lemper :D 

5. Konsisten

Memang hal ini sudah saya sebutkan pada poin sebelumnya, tapi disini saya mau menekankan kalau hal yang satu ini sangat sulit dilakukan. Termasuk bagi saya, mengapa? Sangat banyak godaan yang bisa menggoyahkan konsistensi kita, mulai dari rasa malas yang menghinggap secara tiba-tiba, mood yang berubah-ubah serta banyak hal lainnya yang bisa menggoyang “iman” kita dalam belajar bahasa Inggris. Jika rasa malas ataupun rintangan lainnya datang menghadang, kembali pada poin pertama, kembali kuatkan niat dan bulatkan tekad. Tidak mudah memang, namun jika kita dikalahkan oleh godaan-godaan tersebut, ingatlah bahwa yang menanti kita didepan sana adalah PENYESALAN. “Kenapa ya gak dari dulu belajarnya?” kira-kira seperti itulah jadinya kalau di tengah-tengah masa belajar kita terlena dengan berbagai godaan dan rintangan. 15-30 menit perhari sudah cukup, asal dilakukan dengan terus menerus dan dilakukan dengan cinta (cieeeh), maka jangan ragu, kita akan memetik hasilnya dikemudian hari.


Demikian tips-tips yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tuliskan mengenai tips-tips belajar bahasa Inggris, mudah-mudahan kedepan saya bisa berbagi tips-tips lain dalam belajar bahasa Inggris dan semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat bagi kita. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment