Review Xiaomi Redmi 1 (Hongmi 1) - Bahasa Indonesia

Bila anda mencari Cara Menampilkan Lirik Lagu di Pemutar Musik Xiaomi Redmi silahkan klik tautan ini.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah satu smartphone android dari Xiaomi, mungkin banyak dari kita yang belum pernah mendengar tentang produsen ponsel yang satu ini, Xiaomi sendiri adalah perusahaan eletronik asal Tiongkok (sekarang istilah Tjina/Cina/China udah diubah gan, hehehe) yang bergerak di bidang smartphone dan aplikasi mobile. Didirikan sejak tahun 2010, perusahaan ini pertama kali mengeluarkan smartphone pada tahun 2011 dan saat ini berhasil menjadi produsen terbesar ketiga di Tiongkok mengungguli Apple dengan market share sebesar 10%. Pada tahun ini Xiaomi akan memperluas area pemasaran ke 10 negara (termasuk INDONESIA gan... Hurray!!!) Ini membuktikan bahwa produsen ponsel yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. 

Oke, sekilas tentang Xiaomi, disini saya akan fokus pada satu tipe saja yaitu Xiaomi Redmi (Hongmi), smartphone ini dirilis pada tahun 2013 untuk pasar Tiongkok dengan harga 799 Yuan (sekitar $131) atau jika dirupiah kan seharga 1,5 juta (dengan kurs 11.700). Untuk pasar Indonesia sendiri, belum jelas kapan secara resmi Xiaomi Redmi  akan dijual, akan tetapi di forum jual beli online sudah mulai banyak yang menjual dengan kisaran harga 2 jutaan. Bagaimana spesifikasinya? Berikut spesifikasi Xiaomi dikutip dari berbagai sumber :


Spesifikasi di Box
  • Bodi :


Dimensi : 137 x 69 x 9.9 mm (5.39 x 2.72 x 0.39 in)
Berat : 158 g

  • Sistem operasi : MIUI V5 (Android 4.2 Jelly Bean)
  • Chipset : Mediatek MT6589T
  • CPU : Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
  • GPU : PowerVR SGX544MP
  • Sensor : Accelerometer, gyro, proximity, compass, light sensor


  • Layar :


Tipe : Layar sentuh IPS LCD kapasitif, 16 juta warna
Ukuran dan resolusi : 4.7 inci, 1280 x 720 (312 ppi)
Multitouch : 10 jari
Proteksi layar : Corning Gorilla Glass 2

  • Memori :


Internal : 4 GB
RAM : 1 GB
MicroSD support sampai 32 GB
  • Data :


Speed : HSDPA, HSUPA
WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/m, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth : v4.0 with A2DP, LE
USB : microUSB v2.0
Support USB on-the-go (OTG)
  • Kamera :


Kamera Belakang : 8 MP BSI (Samsung) autofocus, LED Flash
Perekaman video : 1080p@30fps
Kamera depan : 1.3 MP (BSI) 720p@30fps

  • Baterai : Li-Po 2000 mAh



Isi paket penjualan dalam box :

  • Handheld
  • USB Power adapter (UK Standard)
  • Kabel data
  • Manual
Box, Box Charger, dan Manual



UK Standard Charger


Catatan :

  • Review saya lakukan setelah pemakaian selama kurang lebih 2 minggu
  • Saya berusaha membuat review ini seobjektif mungkin (karena saya bukan sales gan, saya cuman user biasa wkwkwk)
  • Unit yang saya review merupakan unit dari Singapura (sudah terinstall Play Store)



Desain dan Build Quality

Source : Xiaomi

Dari segi desain, tidak ada yang istimewa dari Xiaomi Redmi. Untuk bagian depan handheld, ada layar 4,7 inci, earpiece, kamera depan 1,3 MP, proximity dan light sensor, lampu notifikasi yang letaknya dibawah tombol kapasitif home (7 warna - biru, merah, kuning, hijau, cyan, putih dan violet) serta tiga tombol fungsi kapasitif android berwarna merah (dari kiri, menu, home dan back), sayang sekali tombol fungsi android tersebut tidak dilengkapi dengan backlight sehingga agak sulit dilihat dalam keadaan gelap. Disisi kanan ada tombol power/lock, tombol volume dan lubang untuk membuka cover belakang semetara disisi kiri polos, Disisi atas hanya ada port audio jack 3.5 mm sementara dibawah  ada port micro usb dan microphone, dibelakang ada noise cancelation mic, kamera 8 MP dengan LED Flash, Speaker dan logo Xiaomi.

Yang pertama kali saya rasakan ketika memegang smartphone ini adalah tidak terasa murahan, desain yang tegas dengan sudut membulat memberi kesan yang simple dan tidak neko-neko. Dengan bagian belakang agak melengkung, Redmi terasa mantap di genggaman, ukurannya juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil meskipun saya merasa kalau bezelnya masih bisa dipangkas agar bentuknya lebih compact. Back cover terbuat dari bahan plastik doff yang lumayan kokoh, untuk warna back cover sendiri tersedia 3 warna default yaitu deep grey, merah dan putih. Dibalik back cover ada baterai 2000 mAh yang dapat dilepas, 2 slot SIM card ukuran normal dan slot micro SD dengan kapasitas maksimal 32 GB. Secara keseluruhan ponsel terasa cukup solid dan kokoh, tidak ada kesan ringkih dsb.

Layar

Menggunakan layar tipe IPS, dengan resolusi HD (1280 x 720) dan kerapatan pixel 312 ppi, tampilan layar Xiaomi Redmi membuat saya terkejut, gambar dan video tersaji dengan baik, warna yang ditampilkan natural, tidak over saturated, kontras juga baik dengan karakteristik layar agak warm. Dengan kerapatan pixel diatas 300 ppi, text di layar bahkan saat di website versi desktop terbaca dengan jelas. Ukuran layar 4,7 menurut saya sudah cukup untuk sekedar menjelajah web, menonton video dll. Layar Xiaomi Redmi juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 2 yang tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi smartphone ini. Sudut pandang layar juga cukup baik, meskipun terasa ada gap antara lapisan layar tapi tidak mengganggu penglihatan ke layar. Yang menjadi kekurangan dari layar Xiaomi Redmi adalah visibilitas layar dibawah sinar matahari, penggunaan dibawah sinar matahari langsung terasa kurang nyaman, kecerahan layar perlu di atur ke tingkat yang tinggi (80-100%) agar layar dapat terlihat jelas. Saya menyarankan untuk mengaktifkan auto brightness karena fitur ini mempunyai respon yang baik terhadap cahaya sekaligus menghemat baterai. Untuk responsivitas rasanya tidak ada yang perlu dikeluhkan dari layar Redmi, menjelajah menu, gallery, pinch to zoom, bermain game dan lain-lain dapat dilakukan dengan smooth dan lancar.

Performa (Hardware dan OS)

Untuk urusan performa, yang membuat saya terkesan adalah bagaimana Xiaomi memaksimalkan hardware dan software yang ada di Redmi ini. Menggunakan MIUI V5 (baca : MI YU AI), tidak ada rasa stock android atau android vanilla disini, sekilas terlihat seperti iOS, namun dengan lebih banyak kostumisasi. Xiaomi merombak OS android menjadi lebih cantik dengan tambahan berbagai fitur menarik. 



























Menjelajah home screen, membuka aplikasi, multitasking dan fungsi smartphone lainnya dapat dihandle dengan baik oleh Redmi. Selama pemakaian, masalah-masalah seperti freeze ataupun lag yang mengganggu belum saya temui. Yang menjadi kekurangan dari Redmi adalah memori internal yang tergolong kecil, yaitu 4 GB, bagi yang suka menginstal banyak aplikasi tentunya 4 GB masih sangat kurang. Kabar baiknya, ketika saya menginstal game dari play store dengan data yang cukup besar (despicable me) yang mana membutuhkan space sebesar + 600 MB, data secara otomatis tersimpan di SD card (memori eksternal).


Salah satu yang menjadi kekhawatiran pengguna smartphone dengan chip Mediatek adalah performa GPS yang kurang maksimal dibanding dengan chip lainnya. Dari test yang saya lakukan, performa GPS cukup baik dimana mengunci posisi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, butuh beberapa detik saja sampai posisi dapat terkunci. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai GPS pada Redmi ini.

Data game tersimpan di SD Card
Data game tersimpan di SD Card



Untuk performa dalam bermain game, game-game ringan seperti despicable me, subway surfer dapat dimainkan dengan mulus, begitu juga game FIFA 14 masih bisa dimainkan dengan smooth di Redmi namun ketika memainkan game yang membutuhkan performa grafis yang tinggi seperti Asphalt 8 akan keteteran.


Salah satu theme gratis di MiStore
Salah satu theme gratis di MiStore
Tampilan MIUI dibuat simple dan intuitif, ikon-ikon dibuat flat dan cantik, tidak ada app drawer di launcher MIUI sehingga semua aplikasi ada di home screen, selebihnya seperti biasa, ada opsi untuk memasang widget, membuat folder dan mengganti efek animasi saat transisi. Jika sudah bosan dengan tampilan default, tersedia juga berbagai tema gratis dan berbayar yang bisa diunduh dari MI store.

Control Musik dari lock screen
Banyak fitur dari MIUI yang cukup keren dan fungsional, misalnya dari lockscreen kita dapat langsung menyalakan flash light dengan menekan tombol home, masuk ke aplikasi kamera dengan menekan tombol back, dari lockscreen kita juga bisa langsung menyetel musik tanpa masuk ke aplikasi musik (tap 2 kali pada lingkaran lock screen). Agar penjelasannya tidak terlalu panjang, fitur-fitur ini akan saya jelaskan secara singkat (tidak semua fitur saya jelaskan) :

  • Guest mode : saat mengaktifkan mode ini pengguna tidak bisa melihat SMS, catatan, galeri foto dan panggilan masuk (akan terlihat kosong)
  • Private messaging : untuk pengguna dalam mode ini, kita dapat menambahkan private contact dan memproteksi SMS dari private contact tersebut dengan password sehingga tidak bisa dibaca orang lain (menu ini tersembunyi dibalik daftar sms)
  • Lock apps : kita bisa memberi password pada setiap aplikasi sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain
  • Do not distrub :  saat ponsel dalam keadaan terkunci, panggilan masuk dan notifikasi tidak akan bersuara
  • Lite mode : mode ini dibuat untuk memudahkan pengguna anak-anak dan lansia dalam menggunakan ponsel, saat diaktifkan tampilan ikon dan tulisan akan berubah menjadi lebih besar sehingga mudah untuk dioperasikan
  • Permission manager : memudahkan kita dalam mengatur dan mengontrol app permission 


Aplikasi Security


Dalam MIUI, Xiaomi memberi berbagai kebebasan bagi pengguna, misalnya menghapus aplikasi bawaan ponsel (tanpa akses root). MIUI V5 juga hadir dengan aplikasi preloaded seperti “Swiftkey” dan “Security” dimana didalamnya kita bisa membersihkan file-file junk (cache dll) dengan aplikasi clean master (langsung terintegrasi dengan sistem), mengatur pemakaian data internet, battery saver, anti virus, blocklist, dan permission. Selain itu, ikon-ikon aplikasi seperti kalender dan weather akan ikut terupdate sesuai dengan tanggal dan cuaca di masing-masing aplikasi. Satu lagi yang menarik yaitu ketika ingin membuat note, kita cukup swipe (kebawah atau keatas) di ikon aplikasi note dan akan terbuka aplikasi note yang mengambang diatas home screen sehingga kita tidak perlu repot untuk membuka aplikasi note, begitu pula dengan aplikasi pemutar musik, cukup dengan swipe (keatas atau ke bawah) di ikon aplikasi musik, akan muncul pemutar musik yang mengambang di atas home screen (lihat gambar)

Aplikasi Note dan Swiftkey
Aplikasi pemutar musik



Kamera

Untuk sektor kamera, Xiaomi Redmi dipersenjatai dengan kamera utama 8 MP BSI dari Samsung, dan kamera depan 1,3 MP. Pengaturan kamera di aplikasi kamera bawaan terbilang cukup lengkap seperti :
  • Scene (auto, potrait, landscape, sports, night), 
  • White balance, 
  • Pengaturan ISO (auto, 100, 200, 400, 800 dan 1600), 
  • Exposure, 
  • Color effects, 
  • Mode potret dengan suara, 
  • HDR, 
  • Mode Panorama,
  • Ukuran gambar (8 MP, 6 MP, 3 MP, 2 MP, 0.9 MP dan 0.8 MP)
  • Kualitas gambar (Standard, Fine dan Super fine)
  • Scan QR Code
  • Mode Focus (Auto, Infinity, Macro dan CAF)
  • Anti Banding, Sharpness, Contrast, Saturation,
  • Face detection,
  • Burst shot (sampai 20 gambar)
Tampilan aplikasi kamera




Di sektor ini kembali saya dibuat terkejut, awalnya saya tidak berharap banyak mengingat harga ponsel ini lumayan “kere hore”. Yang saya dapati ialah Hasil foto dari Xiaomi Redmi ini cukup memuaskan, gambar tajam, warna natural, kontras juga baik. Tidak ada lag ataupun delay ketika mengambil gambar dalam mode auto (selain mode panorama dan HDR yang membutuhkan pemprosesan), Tap to focus juga bekerja dengan baik dan cukup cepat. di kondisi low light lebih baik jika menggunakan flash. Ukuran Foto (8 MP) lumayan besar, yaitu sekitar 2 - 3 MB. Selanjutnya, biar gambar yang berbicara hehehe.

Mode Makro


Tanpa HDR

Mode HDR


Warnanya seger kan? hehehe



Kondisi gelap gulita (mode auto)


Low light - Kondisi remang-remang, Flash off (1 lampu kecil di kamar menyala)
Kondisi kamar gelap gulita (flash on)
Untuk perekaman video, kamera Redmi mampu merekam hingga resolusi 1080p 30fps dengan format 3gp. Disini saya belum bisa menyertakan sampel video dikarenakan berbagai keterbatasan sehingga untuk melihat hasil rekaman video silahkan mengunjungi situs YouTube dengan kata kunci 'xiaomi redmi video sample'. Mudah-mudahan pada kesempatan berikutnya saya bisa mengupload hasil rekaman video Redmi disini.


Multimedia

Secara preloaded, tersedia dua pemutar musik di Xiaomi Redmi ini, yaitu Aplikasi bawaan dan Google Play Music. Yang akan saya bahas disini adalah aplikasi pemutar musik bawaan Redmi. Tampilannya cantik dan minimalis, file audio dikategorikan kedalam beberapa kategori; All Songs, Artists, Playlist (folders, favorites, recently played, recently added dan frequently played), aplikasi ini dapat membaca cukup banyak format audio mulai dari mp3, wav hingga file audio lossless seperti flac dan ape, ada juga opsi untuk mengatur equalizer dan mengaktifkan fitur “Dirac” yang dapat meningkatkan kualitas suara saat menggunakan earphone. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan lirik lagu (dengan jaringan data aktif), namun ketika saya test saya tidak bisa mengakses fitur ini. Selain fitur

Tampilan Aplikasi Musik


Tampilan Aplikasi Musik (landscape)


Suara dari speaker cukup jernih, namun tidak terlalu keras. Untuk suara via earbud/earphone/headphone sangat tergantung dari earbud/earphone/headphone yang digunakan. Saya sendiri sudah mencoba dengan Headphone Goldring DR100 dan earbud Edifier H180, hasilnya lumayan enak, saya belum mencoba menggunakan external DAC (karena gak punya hehehe). Pemutar musik bawaan saya rasa sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk mendengarkan musik sehingga kita tidak perlu repot mendownload aplikasi pemutar musik dari pihak ketiga.

Tampilan Pemutar Video


Untuk memutar video, kita bisa memilih memutar dari gallery atau file manager. Beberapa format file sudah saya test seperti mp4 dan MKV (sampai 1080p) hasilnya video dapat diputar dengan lancar, pengaturan yang tersedia antara lain pengaturan volume, kecerahan layar, aspect ratio dan fitur capture. Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa membaca subtitle sehingga kita perlu mendownload aplikasi pihak ketiga di Play Store. Menonton atau streaming video di Redmi, anda akan dimanjakan dengan layar yang cukup luas, tajam serta resolusi yang tinggi (bahasa sales banget ya? wkwkwk #tepokjidat).

Daya tahan baterai

Dibekali dengan baterai 2000 mAh, Xiaomi Redmi dapat bertahan seharian (sekitar 11 jam) dengan pemakaian ringan;dual sim on, kecerahan 30% dan beberapa aplikasi berjalan di background (System, Gmail, facebook, BBM, WhatsApp), serta beberapa menit memainkan game ringan. Hasil diatas tidak bisa kita jadikan acuan, karena daya tahan baterai sangat tergantung pada kekuatan signal seluler, intensitas pemakaian, serta aplikasi yang berjalan dibackground. Daya tahan baterai saya katakan cukup, tetapi akan lebih baik jika Redmi ini dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Semoga dalam update-update firmware berikutnya Xiaomi dapat meningkatkan efisiensi daya dari Redmi ini.

Untuk pengisian daya, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari posisi indikator baterai 10% sampai baterai penuh (dalam kondisi Handheld mati).

Hasil benchmark

  • Antutu : 16827
  • NenaMark2 : 53.0 fps
  • HTML5Test : 470
 





























































Kesimpulan

Persaingan di lini smartphone murah saat ini semakin memanas, tidak seperti beberapa tahun yang lalu, kini untuk mendapatkan sensasi smartphone high-end kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Xiaomi sebagai vendor yang bisa dibilang masih baru berani menggebrak pasar dengan Xiaomi Redmi yang hadir dengan harga yang bersahabat dan performa yang memuaskan. Tentunya dalam keadaan seperti ini konsumen lah yang paling diuntungkan, dimana semakin banyak pilihan smartphone murah dan berkualitas. Akan tetapi pilihan akhir tetap ada di tangan anda, kabar terbaru menyebutkan bahwa Xiaomi akan mulai memasarkan produknya di Indonesia pada bulan Agustus. Saya sendiri menanti bagaimana keseriusan Xiaomi dalam memasuki pasar Indonesia, hal-hal seperti ketersediaan Service Centre dan sebagainya tentunya akan menjadi perhatian tersendiri bagi konsumen yang ingin “meminang” smartphone dari Xiaomi. 

Sekian review yang bisa saya sampaikan. Bila ada hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan Redmi, “feel free to ask” silahkan menuliskan pertanyaan dikolom komentar dan sebisanya akan saya jawab. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr.Wb.

Untuk sharing, tips dan trik silahkan mampir ke forum-forum dibawah ini


Kaskus - [Waiting Lounge]  All about XiaoMi  ( Xiaomi Lovers Masuk )


MIUI Forum - English






Previous
Next Post »
Thanks for your comment