MASALAH PADA REDMI 2 DAN SOLUSINYA!!



Tips dan trik untuk mengatasi berbagai problem pada Redmi 2 :

  • Jaringan 4G LTE
Xiaomi Redmi 2 sudah dibekali dengan dukungan untuk jaringan 4G LTE. Jaringan LTE sendiri sekarang sedang dalam proses pengembangan di indonesia dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Akan tetapi jaringan LTE tersebut tidak hanya terdiri dari satu frekuensi saja sehingga sedikit menimbulkan kebingungan bagi pengguna Redmi.
Saat ini Redmi 2 yang dijual di Indonesia terdiri dari dua versi yakni 2014817 dan 2014811. Versi 2014817 adalah perangkat dengan garansi resmi dan mendukung jaringan LTE di frekuensi 1800, 2600, dan 900 Mhz. Sedangkan versi 2014811 memiliki garansi distributor dan mendukung jaringan LTE 1800 dan 2100 Mhz Di Indonesia saat ini operator yang menggunakan frekuensi LTE 900 adalah Telkomsel, sedangkan XL menggunakan jaringan 1800. Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah jaringan tersebut karena semua operator nantinya akan menggunakan jaringan LTE 1800 sehingga kedua versi Redmi 2 di atas dapat mendukungnya.

  • Notifikasi BBM, LINE, WhatsApp
MIUI 6 yang digunakan pada Redmi 2 memiliki sistem manajemen RAM yang cukup ketat sehingga beberapa aplikasi akan langsung dimatikan ketika tidak digunakan. Imbasnya, beberapa aplikasi IM seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya tidak bisa memberikan notifikasi secara langsung.
Namun Anda tidak usah khawatir karena Anda dapat mengatur agar berbagai aplikasi tersebut tidak ditutup ketika anda tidak sedang menggunakannya. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka aplikasi Security.
  2. Pilih Permissions.
  3. Pilih Autostart.
  4. Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin diberikan ijin untuk berjalan otomatis.
Jika perangkat Redmi 2 Anda sudah diroot, maka terdapat trik lainnya yaitu dengan menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi sistem. Trik ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Titanium Backup. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka aplikasi Titanium Backup.
  2. Pindah ke tab Backup/Restore.
  3. Cari aplikasi yang ingin dipindahkan ke sistem
  4. Tekan dan tahan aplikasi tersebut lalu pilih opsi “convert to system”.
  5. Restart perangkat Anda.
  6. Login kembali pada aplikasi tersebut.

  • Redmi 2 Cepat Panas

Keluhan yang biasa terjadi ketika baru menggunakan Redmi 2 adalah perangkat yang cepat panas padahal tidak sedang menjalankan game atau aplikasi. Masalah ini merupakan akibat dari bug yang terjadi pada proses yang melibatkan mediaserver.
Mediaserver ini akan terus melakukan pemindaian memori eksternal jika ada file yang dianggap corrupt. Akibatnya CPU akan terus menerus bekerja dan Redmi 2 pun akan menjadi panas. Berikut cara untuk mengetahui apakah perangkat Anda terkena bug mediaserver atau tidak:
  1. Buka Settings.
  2. Pilih Additional settings.
  3. Pilih Battery.
  4. Pilih Battery use.
  5. Silahkan lihat apabila mediaserver memakan CPU paling banyak berarti Anda terkena bug mediaserver.
Untuk mengatasi masalah ini Anda hanya tinggal melakukan update ke firmware yang terbaru. Namun jika belum sempat, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah manual di bawah ini:
  1. Lepaskan SD card lalu pindahkan semua filenya ke PC.
  2. Format SD card tersebut.
  3. Masukan beberapa media (musik/video) ke SD card.
  4. Nyalakan smartphone lalu lihat apakah bug mediaserver masih ada.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga bug media server muncul.
  6. Jika sudah muncul, maka silahkan hapus file media terakhir yang Anda masukkan karena itu adalah penyebab timbulnya bug mediaserver.

  • Kamera Kekuningan

Jika pada Redmi 1s terdapat masalah layar yang kekuningan, maka pada Redmi 2 ini masalah yang terjadi adalah hasil foto yang kekuningan. Foto yang berwarna kekuningan ini terjadi ketika kita mengambil foto dengan menggunakan flash.
Usut punya usut, jepretan kamera tidak singkron dengan lampu flash sehingga timbul masalah tersebut. Untuk mengatasinya Anda dapat mematikan flash atau menggunakan torch jika ingin memotret di tempat yang minim cahaya.

  • Memperbaiki Kinerja RAM
Meskipun sudah memiliki manajemen RAM yang cukup baik, namun Anda juga masih bisa membuat RAM menjadi lebih lega dengan trik di bawah ini. RAM yang lega akan menghindarkan terjadinya lag atau hang ketika digunakan. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Settings.
  2. Pilih About phone.
  3. Ketuk beberapa kali pada informasi MIUI Version sampai muncul tulisan “Developer Mode Unlocked”.
  4. Kembali ke menu sebelumnya lalu pilih Additional Setting.
  5. Pilih Developer Options.
  6. Pilih System Memory Optimalization.
  7. Pilih High.
  8. Reboot perangkat Anda.
Sekarang perangkat Anda akan terasa lebih ringan ketika digunakan. Untuk tips dan trik lainnya yang berkaitan dengan optimalisasi RAM, silahkan baca tutorialnya di artikel ini.

  • GPS Lock Lambat

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah lambatnya proses penguncian lokasi yang dilakukan oleh GPS meskipun Anda berada di tempat terbuka dan cuaca juga sedang cerah. Berikut adalah trik untuk mengatasinya:
  1. Download dan instal aplikasi GPS Fix di Play Store.
  2. Jalankan aplikasi tersebut lalu ikuti instruksinya.
  3. Tunggu selama beberapa saat hingga muncul tulisan “GPS Fixed!”.
  • Gagal Mengunduh / Error Playstore
Disaat kita meundownload atau mengunduh aplikasi di playstore, tetapi gagal atau unduhan tidak berjalan, anda dapat mencoba trik sebagai berikut :
  1. Buka setting - Installed apps - cari google play store
  2. Clear data.
  3. Reboot
  4. Login playstore kembali
Jika masih error, hapus google play store dan google play service (di installed apps), lalu download/unduh playstore dari google installer. Link google installer -> https://drive.google.com/file/d/0B9SbzI3J5YtBV2VCdXlmcFlZbkk/view?usp=sharing
Catatan : Monggo yang mau menambahkan tips dan trik untuk redmi 2, supaya member mendapatkan solusi sebelum bertanya.

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL! :) :D :v

Thanks to :
- Carisinyal.com
- Admin a.k.a Mimin
- Mastah & member Grup Xiaomi Redmi 2 Indonesia
Previous
Next Post »
Thanks for your comment